Proposal Lesson Study dan RME


KATA PENGANTAR

Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Alumni  Peserta Diklat PMRI dalam  pengembangan hasil pelatihan dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika selalu mengupayakan berbagai program untuk meningkatkan kompetensi para pendidik, termasuk diantaranya untuk para  guru SD.

Workshop  Pendidikan Matematika Realalistik SD kelas Awal  dilaksanakan   dalam aktualisasi KKG SD, sehingga diharapkan KKG SD dapat menjalankan fungsinya sebagai wadah organisasi profesi guru dan akan memiliki SDM yang dapat diandalkan untuk mengelola program-program kegiatan. Salah satu unsur SDM di KKG Matematika SD adalah Instruktur/Guru Inti Matematika yang akan menjadi fasilitator atau narasumber. Workshop tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para peserta Workshop dalam mengelola pembelajaran matematika di sekolah, terjadinya penyebarluasan dan sosialisasi berbagai informasi baru, khususnya terkait Standar-standar Nasional Pendidikan dan perundangan/peraturan terkait guru.

Panduan ini berisi penjelasan singkat tentang latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan, peserta, dan skenario kegiatan, serta  tata tertib selama kegiatan berlangsung.

Dengan adanya panduan ini, semua peserta diharapkan mendapatkan informasi yang diperlukan sehingga dapat berpartisipasi aktif pada setiap kegiatan yang telah dijadwalkan.

Kepada peserta, kami mengucapkan selamat mengikuti workshop Semoga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Bandung,  Desember 2010

Panitia.


  1. PENDAHULUAN

Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Permendiknas No.22 tahun 2006 menyatakan bahwa matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia.

Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan, diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Peningkatan mutu pendidik langsung ataupun tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu KKG  Matematika sebagai lembaga peningkatan mutu pendidik  memberikan pelatihan kepada guru pemandu matematika SD untuk kemudian diimbaskan kepada guru sejawat di daerah sehingga peningkatan mutu pendidik dapat berlangsung secara berkesinambungan.

  1. DASAR KERJA
    1. Undang – undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    2. Undang – undang No. 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
    3. Undang – undang No. 14  tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
    4. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010 – 2014.
    5. Rencana Strategis Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan 2010 – 2014
    6. Rencana Strategis Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika 2010 – 2014
    7. Surat Tugas Pengimbasan Kepala P4TK matematika No. 164/F10/PP/2010 kepada Peserta Pendidikan dan Pelatihan Matematika Realistik Indonesia
  1. PESERTA WORKSHOP

Peserta Pelatihan Lesson Study dan Realistic Mathematic Education sebanyak 185 orang Guru SD, se Gugus 50 Kota Bandung

  1. TUJUAN KEGIATAN.
    1. Membentuk jaringan instruktur SD Matematika sebagai kepanjangan dinas.
    2. Mencetak guru pemandu/pengembang matematika yang berkualitas dan merata, baik dalam hal proses belajar-mengajar matematika baik mengenai materi, metode, media maupun evaluasi pengajaran matematika berdasarkan kurikulum yang berlaku
  1. HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari Pelatihan Guru Pengembang Matematika jenjang Dasar adalah sebagai berikut

  1. Tersusunnya rencana kerja Lesson Study di sekolah masing-masing
  2. Dikembangkan model-model pembelajaran Matematika yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  3. Difahaminya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Dimanfaatkannya teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
  5. Dikembangkannya multimedia untuk pembelajaran.
  6. Didesainnya media peraga matematika sederhana untuk pembelajaran matematika.
  1. PELAKSANAAN
Pertemuan Ke – 1  ( Hari Pertama)
Hari, tanggal : Senin,  27 Desember  2010
Waktu : 07.30 s.d. selesai
Tempat : SDPN PAJAGALAN 58 BANDUNG
Nara Sumber : Dr. Asep Supriatna, M.Si
Materi : Apa dan Bagaimana Lesson Studi ?
Moderator : Dra. N. Eti Fatimah M.Pd
Pertemuan Ke – 2  ( Hari Kedua )
Hari, tanggal : Selasa,  28 April 2010
Waktu : 07.30 s.d. selesai
Tempat : SDPN PAJAGALAN 58
Fasilitator : Alumni Peserta Diklat P4TK Yogjakarta
Materi : Apa dan Bagaimana PMRI ?
Moderator : Saepudin
Pertemuan Ke – 3  ( Hari Ketiga )
Hari, tanggal : Rabu,  29 Desember 2010
Waktu : 08.00 s.d. selesai
Tempat : SDPN PAJAGALAN 58 BANDUNG
Nara Sumber : Dr. Sumarna
Materi : action Plan Lesson Study
Moderator : I. Ketut Ardana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PANITIA PELAKSANA

PELATIHAN LESSON STUDY DAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION

GUGUS 50

KECAMATAN ASTANAANYAR KOTA BANDUNG

N0. JABATAN NAMA
Penanggung Jawab MAMIT ROSMIADI,S.Pd
Ketua Drs.  SOPANDI
Sekretaris EUIS KURNINGSIH
Bendahara ESIH SUKAESIH, S.Pd
Anggota Dra. TRI ASTUTI,M.Pd
Anggota H.  SYAMSUDIN
ASEP SAEPUDIN

PEMBIAYAAN

Biaya untuk mendukung kegiatan ini ditanggung oleh RAPBS BOS

HAK DAN KEWAJIBAN PESERTA

Hak Peserta

  1. Mendapatkan materi peningkatan kompetensi yang berkualitas yang difasilitasi oleh fasilitator yang kompeten dan bertanggung jawab.
  2. Mendapatkan akomodasi dan konsumsi yang layak selama mengikuti Workshop sesuai anggaran yang disediakan.
  3. Mendapat Surat Sertifikat  standar kualifikasi kelulusan.
  4. Bantuan layanan kesehatan oleh tenaga medis yang disediakan panitia penyelenggara
  5. Mendapat bantuan informasi dari panitia penyelenggara.

Kewajiban Peserta

  1. Memenuhi persyaratan mengikuti Workshop
  2. Menjaga kelancaran dan kenyamanan Workshop
  3. Mengikuti seluruh kegiatan dan mengisi daftar hadir yang telah disediakan.
  4. Berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan.
  5. Mematuhi tata tertib selama mengikuti program.
  6. Mengirimkan laporan pelaksanaan Program Tindak Lanjut (PTL) Work Shop. ke Pengawas TK/SD.

PEMBERIAN SERTIFIKAT

Kepada peserta yang telah menyelesaikan seluruh program dengan baik dan dinyatakan lulus, diberikan Sertifikat  Pelatihan

TATA TERTIB

Administrasi    :

Kelengkapan Administrasi yang harus dipenuhi peserta sebagai berikut:

  1. Surat Tugas dari Kepala Dinas/Kepala Sekolah
  2. Pas Foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar

Peserta diwajibkan untuk :

  1. Mengikuti semua kegiatan yang ada, sesuai dengan jadwal kegiatan
  2. Hadir di tempat kegiatan paling lambat  5 menit sebelum kegiatan dimulai
  3. Menandatangani daftar hadir
  4. Berpakaian rapi dan sopan
  5. Mengecilkan volume atau menonaktifkan handphone selama berlangsungnya kegiatan perkuliahan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s