Bahan Ajar


1. Pendidikan Kewarganegaraan
Apa dan Bagaimana Harga Diri?
Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat meraih prestasi         dan keberhasilan dalam hidup sehingga orang lain akan lebih       menghargaimu. Selain kemampuan yang kamu miliki, harga diri juga         ditentukan oleh sikap dan tingkah lakumu dalam hal-hal berikut.
1. Berbicara
Seseorang yang berbicara ramah dan sopan akan lebih disenangi.           Sebaliknya, orang yang berbicara kasar tidak akan disukai. Cara    berbicara seseorang juga sangat menentukan tingkat harga dirinya.
2. Berpakaian
Cara berpakaian dapat me mengaruhi penilaian orang terhadap diri         kita. Se seorang berpakaian rapi, bersih, dan sopan lebih dihormati     daripada orang yang berpakaian kotor dan kumal. Cara berpakaian        seseorang pun dapat meningkatkan atau mengurangi harga diri.
3. Berpenampilan
Luna dan Mona berumur 8 tahun. Mereka berdua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal penampilan, Luna terlihat lebih sederhana. Ia memakai pakaian yang bersih dan rapi. Adapun Mona selalu berpakaian mewah lengkap dengan perhiasannya. Kebiasaan Mona dalam berpenampilan, tidak menjadikannya sombong. Mona dan Luna tetap bersahabat. Mereka tidak pernah memilih-milih dalam berteman. Sesama teman harus saling menghormati dan menghargai.
UJI KOMPETENSI
1.   Coba carilah comtoh cara menghargai diri sendiri juga menghargai orang lain di tempat tertentu seperti pada kolom di bawah ini :
No.
Tempat
Cara Menghargai orang lain
Ketika belajar  kelompok
Ketika bermain sepak bola
Menjenguk teman di rumah sakit
Belanja di swalayan
Mengunjungi rumah teman
ILmu Penegtahuan Sosial :
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s